Minggu, 31 Maret 2024

Niat Mandi Besar / Junub

 نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَكْبَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعٰالٰى *

Nawaitul ghusla lirof'il ḥadaṡil akbari fardlol-lillāhi ta'ālāAku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardu karena Allah Ta'alaTentang Doa:

TATA CARA MANDI JUNUB


1.Niat mandi wajib


1. Mencuci kedua tangan

Urutan kedua dari tata cara mandi wajib adalah mencuci tangan sampai tiga kali. Tujuan utamanya adalah membersihkan tangan dari najis.


2. Membersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor

Selanjutnya mendahulukan bagian tubuh yang dianggap kotor. Misalnya bagian kemaluan.


3. Mencuci kembali tangan

Setelah membersihkan bagian kotor, Anda harus mencuci kembali tangan pakai sabun.


4. Berwudhu

Setelah mencuci bagian tubuh yang kotor dan mencuci kembali tangan, Anda harus wudhu dengan tata cara wudhu seperti biasa untuk melakukan sholat.


5. Membasahi kepala

Setelah berwudhu, Anda harus membasahi kepala dengan air sebanyak tiga kali dari dari pangkal rambut. Tata caranya sama seperti mau keramas harian biasa.


6. Mengurai rambut

Mungkin terdengar aneh, namun ini salah satu dari tata cara mandi wajib yang harus dilakukan. Caranya gunakan jari untuk mengurai rambut untuk membersihkan rambut dari kotoran yang mungkin menempel di rambut.


7. Membasahi seluruh tubuh

Setelah itu mengguyurkan air ke seluruh tubuh mulai dari bahu kanan, dilanjutkan dari bahu kiri. Setelah itu, Anda bisa membersihkan seluruh bagian tubuh dengan sabun, dan dilanjutkan dengan rutinitas mandi seperti biasa. 

Niat Puasa Ramadhan

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هٰذِهِ السَّنَةِ ِ فَرْضًا ِلِلّٰهِ تَعَالٰى * Nawaitu shouma ghodin 'an-adā-...